Hasil Monev Proses Pembelajaran
Sistem dan Pelaksanaan Monitoring Evaluasi:
- Karakteristik Pembelajaran
- Evaluasi melalui kuesioner mahasiswa dan dosen
- Mayoritas dosen menerapkan metode diskusi interaktif dan studi kasus nyata
- Beberapa dosen perlu meningkatkan pendekatan saintifik agar lebih kontekstual
- Perencanaan Pembelajaran
- Evaluasi RPS dilakukan awal semester dan berkala
- RPS Mikro Islam sesuai dengan capaian pembelajaran
- Penyesuaian pada mata kuliah untuk relevansi dengan industri syariah
- Pelaksanaan Pembelajaran
- Monev dilakukan on-site dan online dengan observasi dan tinjauan dokumentasi
- Mayoritas dosen efektif menggunakan blended learning
- Beberapa mahasiswa kesulitan beradaptasi dengan platform online
- Tindak lanjut: pelatihan LMS untuk mahasiswa
- Beban Belajar
- Sesuai dengan ketentuan SN-Dikti
- Beberapa mahasiswa memberikan umpan balik tentang beban tugas berlebih
- Tindak lanjut: penyesuaian beban tugas sesuai prinsip OBE
- Tindak Lanjut dan Perbaikan
- Rekomendasi: peningkatan kapasitas dosen dalam teknologi pembelajaran, perbaikan RPS, dan penyesuaian beban belajar
- Evaluasi lanjutan menunjukkan peningkatan kepuasan mahasiswa
- Dosen lebih proaktif menggunakan teknologi pembelajaran
Proses monev telah dilaksanakan konsisten dan menyeluruh dengan bukti sahih berupa laporan evaluasi dan tindakan perbaikan, memenuhi standar SN Dikti dan meningkatkan kualitas pengajaran berkelanjutan.
No. | Nama Dokumen | Link Download |
1 | Monitoring dan Evaluasi Pembelajaran | Download |
2 | 5 Prinsip Penilaian | Download |